Berbagai jenis Model Pembelajaran perlu dipahami guru atau fasilitator untuk merancang pembelajaran yang mengasyikkan, menyenangkan dan menggerakkan aktivitas siswa. Sekarang ini guru wajib memposisikan diri sebagai fasilitator, bukan sebagai pengajar yang selalu menyuapi anak didiknya dengan pengetahuan. Guru harus tanggap dengan situasi kelasnya sehingga perlu menerapkan berbagai strategi dalam membelajarkan siswanya. Naah pada edisi kali ini saya akan mencoba menguraikan 3 model pembelajaran dengan langkah-langkah praktisnya. Namun model-model ini perlu dikembangkan atau dimodifikasi sesuai dengan keadaan peserta didik, sumber belajar dan mata pelajaran yang diajarkan.
Langkah-langkah: - Tentukan Bacaan yangakan dipelajari siswa
- Buat pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab atau kisi-kisi untuk mengerjakan permasalahan berdasarkan bacaan yang telah ditentukan.
- Bagikan Bahan bacaan dengan pertanyaan atau kisi-kisi yang telah disiapkan kepada para siswa
- Tugas siswa yaitu mempelajari bacaan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan atau memecahkan permasalahan berdasarkan kisi-kisi yang ada.
- Kegiatan menjawab pertanyaan atau kisi-kisi bisa secara individual, atau kelompok
- Batasi aktivitas siswa sehingga tidak memakan waktu yang berlebihan
- Bahaslah secara bersama-sama contoh jawaban atau pekerjaan dari siswa.
- Berikan ulasan dan kesimpulan
- Topik untuk satu pertemuan dapat dibagi menjadi beberapa bacaan dengan pertanyaan atau kisi-kisi masing-masing.
Model Question Student Have
Langkah-Langkahnya:
- Bagikan potongan-potongan kertas atau semacam kartu untuk menyusun pertanyaan
- Mintalah siswa untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang berkaitan dengan topik atau materi pelajaran
- Setelah semua selesai membuat pertanyaan, masing-masing siswa diminta untuk memberikan kepada teman disamping kirinya, terus memutar/menggeser sampai semua menerima pertanyaan.
- Masing-masing siswa yang telah menerima pertanyaan diminta membaca pertanyaan. Jika pertanyaan itu ingin diketahuinya maka ia harus memberikan tanda chek list (v). Pertanyaan-pertanyaan tadi baik yang dicentang maupun yang tidak dikembalikan kepada teman sipembuat pertanyaan.
- Para siswa yang pertanyaannya mendapat tanda centang diminta untuk membaca agar siswa yang lain mendengarkan (caranya dapat di urut dari depan atau terserah teknisnya
- Berikan respon atau jawaban dari masing-masing pertanyaan atau beri kesempatan kepada siswa yang membuat pertanyaan itu untuk menjawab, begitu seterusnya sesuai dengan waktu jam pelajaran yang tersedia
- Kumpulkan semua pertanyaan yang dibuat siswa tadi, mungkin bisa dibahas pada pertemuan berikutnya atau dapat dipergunakan guru saat melakukan evaluasi atau uji kompetensi.
Model Group Resume
Langkah-Langkahnya:
- Bagilah Siswa menjadi beberapa kelompok kecil
- Berikan permasalahan atau bahan bacaan pada setiap kelompok. Bagikan pula
- kertas (kalau bisa seukuran koran), transparasi dan alat tulisnya.
- Setiap kelompok membahas dan memecahkan permasalahan yang diterima, dan
- kemudian membuat resume di atas kertas/transparasi yang telah dibagikan.
- Masing-masing kelompok diminta mempresentasikan, dan kelompok lain menanggapi.
- Berikan respon dan kesimpulan dari materi yang dikaji.
No comments:
Post a Comment